0 3 min 2 yrs

Nama: Rista Arga Apriliantika

Jurusan: Teknik Informatika

Futsal menjelma menjadi salah satu olahraga yang paling digemari masyarakat Indonesia. Di zaman modern ini masih banyak tempat futsal yang menggunakan cara booking seperti pertemuan empat mata, janji melalui telepon dan lain sebagainya. Untuk itu penulis membuat system berbasis web untuk menangani masalah pemesanan lapangan dan pengaturan jadwal yang masih dilakukan manual di Halim Futsal. Tujuan dibuat system berbasis web ini agar mempermudah pengelola stadium melakukan pendataan serta pemesanan lapangan.

Sistem informasi berbasis komputer merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan, kordinasi dan kendali visualisasi serta analisis.

Halim Futsal adalah Gelanggang Olahraga (GOR) khusus untuk olahraga futsal. Halim Futsal terletak di depan jalan utama Pondok Gede Raya.

Halim Futsal buka dari jam 08.00 WIB sampai 24.00 WIB memiliki 4lapangan dengan rumput sintetis dan menyediakan tempat parkir, toilet, kantin dan toko perlengkapan futsal.

Karena sering terjadi kesalahan dalam pemesanan melalui telepon, penulis memberi usulan untuk melakukan pemesanan online melalui website.

Oleh karena itu penulis ingin membangun suatu sistem informasi berbasis web. Dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Web”.

Adapun metodologi yang digunakan dalam sistem pelaksanaan dan menyusun laporan kerja praktek sebagai berikut:

1.Metode Literatur

Dalam hal ini penulis mengambil serta menggunakan beberapa buku dan media internet sebagai sumber referensi yang sangat menunjang penulis untuk perancangan sistem informasi pada halim futsal.

2.Metode Pengumpulan Data

a. Wawancara
Suatu bentuk metode riset dengan mengajukan beberapa pertanyaan terhadap orang yang mempunyai peran penting dengan objek penelitian penulis.

b. Observasi

Proses pengamatan objek penelitian secara langsung dilapangan pada saat melakukan riset.

c. Studi Pustaka

Suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen.

Hasil disini menjelaskan tentang tahapan-tahapan hingga sebuah program aplikasi Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Web ini berhasil dibangun sehingga dapat digunakan dengan baik dan menghasilkan output yang diinginkan.

Dengan adanya sistem informasi berbasis web pada Halim Futsal maka dapat menghindari terjadinya kesalahan dalam penyewaan lapangan.

(Sharul 14-4-2022)