0 5 min 2 yrs

Nama : Heru Dwi Permana

Jurusan : Teknik Informatika Fakultas Teknik & Ilmu Komputer

Penggunaan Aplikasi Shopee sebagai objek penelitian dikarenakan Shopee paling banyak diakses oleh semua kalangan dimana pada tahun 2021, menurut penulis Aplikasi Shoppe akan mengalami sebuah kendala jika dipakai secara bersamaan saat mengadakan event seperti big sale. Penulis ingin mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki oleh pengembang selain dari sisi performancenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Hubungan Evaluasi Kinerja Sistem terhadap Aplikasi Shoppe menggunakan metode PIECES Framework yang meliputi variabel Performance, Information, Economics, Control and Security. Efficiency dan service. Penelitian ini menggunakan model metode kuantitatif serta data primer, Pada hasil analisis data penelitian menyatakan bahwa dari enam variabel yang dimiliki PIECES framework memiliki rata-rata yaitu nilai Performance (3,94), nilai Information and Data (4,02), nilai Economic (3,76), nilai Control and Security (3,74), nilai Efficiency (4,16), nilai Service (3,81). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PIECES Framework bila ditinjau dari analisis data dapat dinyatakan Kinerja Sistem Aplikasi Shopee cukup baik pada segi Efficiency.

Perkembangan zaman teknologi berbasis internet saat ini telat mengalami perkembangan yang sangat pesat, serta memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. kini pengguna smartphone sudah sangat banyak di kalangan masyarakat karena lebih effisien dari segi waktu untuk mengakses sebuah informasi yang di butuhkan dengan cepat dan mudah untuk penggunanya saling terhubung satu sama lain secara online dari aplikasi yang tersedia di Google play store. Google play store merupakan sebuah layanan toko online berupa produk-produk seperti aplikasi musik, buku, game online, maupun pemutar multimedia lainnya yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas salah satunya adalah aplikasi jual beli online.

Aplikasi Shopee merupakan salah satu platform yang dirancang khusus untuk berbelanja online yang aman, mudah dan cepat serta dengan sistem pembayaran dan logistik yang baik. Shopee sendiri juga menyediakan fitur live antar penjual dan pembeli agar memudahkan saat bertransaksi. Selain itu, Shopee juga menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran dan situs yang dilengkapi dengan navigasi sederhana dan efektif sehingga mempercepat dan mempermudah dalam berbelanja online. Sasaran pengguna Shopee adalah kalangan muda seperti mahasiswa yang saat ini terbiasa melakukan kegiatan dengan menggunakan gadget termasuk kegiatan bertransaksi elektronik. sebagian mahasiswa mengatakan bahwa aplikasi shoope merupakan aplikasi toko online yang mempunyai harga dan jasa termurah di banding aplikasi jual beli online lainnya, hal tersebut membuat pelanggan tertarik berbelanja online di marketplace shoope.

Data Pengguna Marketplace Shopee pada bulan Juli 2020 naik sekitar 35% di bulan februari 2021

Menurut Sugiyono (2019:2) Metodologi penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu dalam kegiatan tersebut membutuhkan proses dalam bentuk pengumpulan data, analisis dan memberikan interprestasi yang terkait dalam tujuan penelitian. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif karena adanya variabel-variabel yang telah di telanh hubungannya, serta tujuannya untuk menyajikan gambaran secara terstruktur, faktual mengenai fakta-fakta tertentu serta keterkaitan antara variabel yang di teliti.

hasil penelitian yang didapat khususnya yang berkaitan dengan hipotesis analisis data sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Evaluasi Kinerja Sistem setiap dimensi dari metode PIECES framework terhadap Aplikasi Shopee. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuesioner melalui google form terhadap 78 responden yang mengakses Aplikasi tersebut. Data penelitian yang didapatkan terkait dengan Kinerja (Performance), Informasi dan Data (Information and Data), Nilai Ekonomis (Economics), Pengendalian dan Pengamanan (Control and Security), Efisiensi (Efficiency). Serta Layanan (Service).

Berdasarkan hasil peneliti memberikan kesimpulan sebagai berikut :

  1. Evaluasi Kinerja sistem dilakukan untuk mengetahui tingkat kesesuaian kebutuhan user terhadap Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan PIECES Framework yang memiliki enam dimensi variabel atau aspek penelitian yaitu Performance.
  2. Tahap pengujian validitas dilakukan terhadap 65 responden dengan tingkat kesalahan 0.05 dengan n-65-2-63, maka didapat r tabel sebesar 0.2441. Pengujian dapat dikatakan valid apabila r hitung suatu item pertanyaan lebih besar dari r table.
  3. Selanjutnya dilihat dari hasil tahap pengujian uji reabilitas dapat disimpulkan bahwa hasil Cronbach’ Alpha dari masing masing indicator diketahui > 0,6 maka dari itu hasil pengujian reabilitas dari 24 pertanyaan dinyatakan reliable dan dapat digunakan dalam penelitian.
  4. Pada Hasil Analisis Data penelitian thenyatakan bahwa dars eain variabel yang dimiliki PIECES framework memiliki nilai rata-rata yaitu : a) nilai performance (3,94), b) Nilai information and data (4,02), c) Nilai Economic (3,76), d) Control and security ( 3,74), e)Nilai Efficiency (4,16), f) Nilai Security (3,81)

(Raffael Matthew 14/4/2022)