0 3 min 2 yrs

Ilmu merupakan salah satu pegangan manusia untuk bisa menjalankan kehidupan sesuai dengan aturan dan juga moralnya. Umumnya penggunaan ilmu berdampingan dengan agama. Sehingga kita dapat menjalankan kehidupan, sesuai dengan perintah agama dan juga dapatkan manfaat ataupun syafa’at lainnya.

Dalam agama Islam sendiri menuntut ilmu merupakan hal yang baik bahkan disarankan. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai keutamaan menuntut ilmu dalam islam dan juga beberapa ayat Alquran, serta hadist yang berkaitan.

Keutamaan pertama dari menuntut ilmu yaitu:

  • Mengangkat Derajat

Pertama keutamaan menuntut ilmu dalam agama islam yakni diangkat derajatnya oleh allah subhanahu wa ta’ala seperti halnya dalam surah:

…يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ..

Artinya : “…Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…” (QS. Al-Mujadilah [58]: 11).

  • Dikehendaki Kebaikan

Selanjutnya adalah keutamaan dari menuntut ilmu yaitu orang yang dipahamkan agama merupakan orang yang dikehendaki kebaikan. Maksud dari makna ini adalah siapapun mereka yang memahami ilmu agama.

Dari Mu’awiyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037).

  • Mempermudah Jalan Menuju Surga

Selanjutnya ilmu merupakan salah satu jalan yang dilakukan untuk mempermudahkan diri kita menuju surga.

Tentu saja manfaat ini sangat diharapkan oleh seluruh umat islam hanya karena dengan menuntut ilmu pengetahuan dan juga khususnya.

Tetapi kita juga bisa mendapatkan jalan menuju surga lebih mudah hal ini dituangkan dalam hadist. Rasulullah SAW bersabda: “… Barang siapa yang meniti suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga…” (HR Ahmad).

  • Memberi Kebaikan

Memberi kebaikan merupakan manfaat lain yang jelas didapatkan jika kita menuntut ilmu. Dalam Islam kebaikan ini juga dibahas, terutama dalam hadis yang cukup populer. Kedudukan ilmu pengetahuan dalam Al-Qur’an dan Hadis sangat tinggi.

Salah satunya yaitu hadis Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Allah akan menjadikannya paham akan agamanya.” (HR Bukhari dan Muslim).

  • Terus Mengalir Manfaatnya

Terakhir sudah jelas mengalir manfaatnya. Saat kita meninggal ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, akan menjadi pahala bagi kita semua apalagi jika yang dibagikan adalah ilmu agama yang membawa umat lain menjadi lebih baik dan berada di jalan Allah, bertawakal dan juga terus mencari ilmu. Pahala tersebut tidak akan pernah putus, siapa yang tidak ingin mendapatkan pahala mengalir tanpa putus seperti itu.

sumber : https://dalamislam.com/info-islami/keutamaan-menuntut-ilmu

dipost : Rizky Ardiansyah