0 3 min 2 yrs

Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat, sehingga tanpa  disadari  sudah mempengaruhi  setiap aspek  kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang berkembang begitu pesat adalah gadget. Kecanggihan teknologi gadget seperti smartphone,  komputer, tablet, e-reader, dan laptop semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia akan media yang modern dan praktis. 

Trend gadget tidak hanya poluler pada kalangan atas saja, namun sudah menjadi trend untuk semua kalangan bahkan dari usia anak-anak hingga dewasa. Gadget adalah barang canggih dan modern yang diciptakan dan di buat dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, informasi bahkan hiburan. Ada beberapa manfaat dari penggunaan gadget di kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut:

1.memudahkan kita dalam berkomunikasi
2.emudahkan kita dalam memperoleh informasi
3.ebagai sarana hiburan
4.enambah wawasan dan pengetahuan
5.ebagai sarana berbisnis
6.dll.

Dalam suatu pekerjaan gadget merupakan media yang sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan gadget maka akan memudahkan dalam melakukan segala pekerjaan. Penggunaan gadget dalam pekerjaan sangat membatu dalam mengolah data, informasi, laporan, keuangan dan lain sebagainya. Misalnya kita mempunyai cabang usaha di kota lain untuk mengetahiu perkembangan usaha tersebut kita tidah perlu mendatangi lokasi, cukup memantau dengan menggunakan gadget dengan aplikasi yang sudah disediakan dapat mempermudah kita dalam berkomunikasi. Kemudian selain hal-hal tesebut gadget juga digunakan dalam membuat perancangan atau model desain dengan beberapa bantuan suatu aplikasi seperti corel draw, photoshop, sketch up dll.

Seiring  dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, dunia pendidikan juga sangat membutuhkan peranan gadget. Hal ini dikarenakan banyak sekali kegiatan ataupun aktifitas yang berhubungan dengan gadget misalnya dalam mengerjakan tugas sekolah, mencari referensi buku (E-book), sumber informasi, bahkan sudah banyak sekali sekolah yang memang mengharuskan dan mewajibkan siswa/siswinya memiliki gadget seperti laptop. Selin itu, dalam dunia pendidikan juga ada beberapa mata pelajaran yang memang diharuskan dalam penggunaan gadget (laptop) agar di dalam penyampaian materi dan praktiknya akan lebih mudah.

Selain kegunaannya dalam dunia kerja dan pendidikan, gadget juga memiliki peranan penting dalam dunia bisnis. Saat ini sangat marak sekali dengan penjualan online atau bisnis online. Bisnis ini sangatlah menjajikan karena pangsa pasar yang sangat banyak dan luas. Dalam melakukan promosi ataupun mencari calon konsumen yang sangat luas di dunia maya maka dibutuhkan gadget dalam melakukan hal tersebut agar memudahkan produsen maupun konsumen dalam melakukan interaksi jual beli produk secara online.

Sharul 12 Mei 2022