0 6 min 2 yrs
Sumber: howieandbelle

*Saat ini evolusi teknologi terus terjadi dalam waktu yang cukup cepat. Di mana, setiap tahunnya ada saja maupun penemuan teknologi baru yang hadir dan ditingkatkan untuk memudahkan aktivitas kehidupan manusia sehari-hari. Selain itu, proses pengembangannya juga dilakukan dengan waktu yang lama pada setiap prosesnya.

Tidak heran, jika waktu sebelum peluncuran resminya, sudah ada prediksi akan terjadinya tren teknologi tersebut. Memasuki kuartal kedua tahun 2022 sendiri, ada sejumlah tren teknologi yang diprediksi akan ramai, bahkan di antaranya sudah mulai tampak. Apa saja tren teknologi yang dimaksud? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Augmented Reality untuk Menuhi Aktivitas Belanja Online

Sumber: toffeedev

Tren teknologi pertama yang diprediksi akan meningkat adalah penggunaan augmented reality atau AR untuk kebutuhan belanja online . Dalam beberapa tahun terakhir, aktivitas belanja online memang terus berkembang dan menjadi hal yang dilakukan banyak orang, terutama di masa pandemi. Di mana, semua orang bisa membeli pakaian, gadget , dan benda lainnya tanpa harus keluar rumah alias hanya melalui smartphone yang digunakan.

Augmented reality sendiri dilatarbelakangi oleh kelemahan belanja online yang membuat calon pembeli tidak bisa melihat maupun merasakan barang yang akan dibeli sehingga permasalahan tidak sesuai dengan tampilan di toko online sering kali terjadi. Dengan adanya teknologi AR, maka calon pembeli dapat melihat penampakan barang secara 3D sehingga mereka dapat memastikan kesesuaiannya dengan yang ditampilkan di toko online .

Penggunaan Virtual Reality Bagi Semua Orang

Sumber: teknologiraya

Tren teknologi AR tentunya juga diikuti dengan perkembangan teknologi VR atau virtual reality yang di tahun ini diprediksi mulai banyak digunakan orang-orang. Di mana, teknologi VR sendiri saat ini hanya mendukung aktivitas hiburan saja seperti menonton film maupun bermain game . Pastinya di tahun 2022 ini, kemungkinan aktivitas yang melibatkan perangkat VR mulai dimanfaatkan.

Misalnya saja untuk mendukung aktivitas rapat online melalui Zoom maupun Google Meet sebagai bagian dari bekerja di rumah. Di mana, tampilan rapat online tersebut akan terkesan nyata dan lebih menarik.

Teknologi AI Ada di Mana-Mana

Sumber: ronif.com

Kecanggihan teknologi tentu tidak terlepas dari sistem yang mendukung aktivitas komputer untuk berbagai kegiatan. Kehadiran AI atau Artificial Intelligence membuat sistem yang diterapkan oleh suatu perangkat menjadi lebih pintar dan efisien. Hal ini memberikan pengaruh besar bagi keberlangsungan teknologi industri dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak heran, jika tahun 2022 populer AI diprediksi melesat khususnya di banyak penggunaan gadget , aplikasi, situs, dan hal-hal lainnya. Misalnya saja rekomendasi konten yang ditampilkan di layar media sosial setiap pengguna akan diambil alih oleh AI.

Autentikasi Tanpa Menggunakan Password

Sumber: keesingtechnologies

Tren teknologi selanjutnya akan menghapus peran kata sandi atau sandi yang biasa digunakan sebagai metode autentikasi keamanan. Hal ini berkat termasuk kecanggihan AI yang membuat kata sandi bisa dengan mudah dibuka kata sandi yang panjang menggunakan kombinasi huruf dan angka.

Di mana, metode autentikasi sandi ini akan diaktifkan oleh autentikasi biometrik yang tidak membutuhkan pembaruan setiap waktu dan lebih aman jika ada serangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jaringan 5G Menjadi Hal Mainstream

Sumber: voiid

Kecanggihan perangkat dan sistem teknologi tentu tidak akan berfungsi tanpa adanya dukungan internet dengan jaringan yang stabil dan cepat. Oleh karena itu, hal tersebut tidak akan terlepas dari peran jaringan 5G, di mana hal ini tren teknologi tahun 2022. Ditambah dengan banyaknya konten Youtube maupun layanan streaming lainnya sudah menghadirkan resolusi video hingga 4K sehingga internet sangat dibutuhkan demi mendukung proses streaming berjalan lancar .

Di mana, jaringan 5G sendiri diyakini memiliki kecepatan lebih dari 4G dengan menghasilkan kecepatan rata-rata 100Mbps dan maksimal 20Gbps.

Aktivitas Coding Lebih Minim Saat Membuat Software

Sumber: toffeedev

Penting bagi seseorang untuk membuat perangkat lunak maupun aplikasi yang mudah dilakukan. Tren teknologi nantinya akan memudahkan dalam merancang aplikasi maupun perangkat lunak dengan teknik coding yang sedikit. Meskipun teknik pengkodean masih tetap ada, namun tekniki ini nantinya mampu mengurangi waktu pengembangan dari sebuah perangkat lunak .

Selain itu, hal tersebut juga akan membuat teknologi menjadi mudah diakses oleh setiap orang dengan memungkinkan lebih mampu merancang perangkat lunak secara lebih mudah.

Teknologi Rama Lingkungan

Sumber: aginginplace

Apa jadinya jika teknologi yang canggih harus mengorbankan lingkungan sekitar. Meskipun hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan gadget seperti smartphone maupun laptop yang terbuat dari bahan tertentu atau memberikan dampak yang kurang ramah terhadap lingkungan. Oleh karena itu, di tahun 2022 ini tren teknologi mulai beralih dengan konsep ramah lingkungan.

Misalnya saja lebih memilih memperbaiki maupun menggunakan gadget lama dibandingkan harus menggantinya. Jika terpaksa untuk mengganti produk yang baru, namun berbagai gadget terbaru ini juga diperkirakan hadir dengan material yang lebih baik dalam meningkatkan daya tahan penggunaan sehingga dapat digunakan bertahun-tahun ke depan.

Itu dia nomor tren teknologi yang diprediksi bakal mulai naik di tahun 2022. Di mana, dari nomor tren teknologi ini tentu kamu menginginkan salah satu di antaranya. Selain itu, mendapatkan produk-produk teknologi sendiri kini semakin mudah dilakukan melalui online . Salah satunya dengan mengunjungi Eraspace melalui website resmi atau download aplikasinya.

Di mana, ada sejumlah produk teknologi seperti smartphone , laptop, dan masih banyak lainnya dari berbagai merek ternama yang bisa dipilih sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Yuk, temukan produk teknologi sesuai kebutuhanmu secara mudah hanya di Eraspace sekarang.

Sharul 12 Mei 2022