0 3 min 2 yrs

Nama : Heince

Jurusan : Teknik Elektro Elektronika

Berawal dari peralatan yang dijalankan secara manual dan kemudian dibuat menjadi sebuah sistem otomatis yang bisa dikontrol dari jarak jauh sehingga memunculkan sebuah gagasan atau sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan internet tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia dengan computer yang telah kita kenal dengan istilah loT (internet of things). Penelitian ini bertujuan sebagai sebuah home security system termasuk sistem kontroling (untuk perangkat lampu, AC (air conditioner), music box dan solenoid doorlock) jarak jauh dengan menggunakan internet. Metode penelitian ini menggunakan metodologi eksperimental jadi kinerja sensor suhu dan sensor LDR (Light Dependent Resistor) dapat diamati dan dimonitoring melalui aplikasi web. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan koneksi mikrokontroler melalui internet, perangkat bisa dikontrol dan dimonitoring tanpa berbatas jarak dan waktu, dan penelitian ini, memberi kontribusi untuk pengembangan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) pada Kampus ITKJ (Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta).

Teknologi semakin berkembang saat ini dan banyak peralatan peralatan analog yang digantikan dengan peralatan elektronik yang semakin canggih. Dari yang awalnya peralatan dijalankan secara manual dan kemudian dibuat menjadi sebuah sistem otomatis yang bisa dikontrol dari jarak jauh. Banyak penelitian yang akhirnya memunculkan sebuah gagasan atau sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan internet tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia dengan computer yang telah kita kenal dengan istilah IoT (internet of things). (Bassi, Alessandro et al, 2013)

Metode Penelitian

Pada tahap ini disajikan hasil percobaan sistem untuk sistem kontroling dan sistem monitoring dari aplikasi web, Gambar menunjukkan prototype alat dan software aplikasi web. Data dapat dilihat pada Tabel di bawah ini.

Dari penelitian dengan judul “Rancang Bangun Home Security System Berbasis Aplikasi Web” dapat disimpulkan beberapa poin sebagai berikut:

1. Prototype penelitian yang dibuat berfungsi dengan baik pada bagian kontroling perangkat (lampu, AC (air conditioner), music box, dan solenoid doorlock).

2. Rangkaian controlling melalui aplikasi web difungsikan untuk menjalankan solenoid doorlock melalui koneksi internet yang tak berbatas waktu dan tempat.

3. Pengujian rangkaian berfungsi melalui beberapa device seperti handphone (berbasis Android dan iOS), laptop (yang digunakan notebook merk ASUS dan HP/Hewlett Packard).

4. Sensor suhu dan sensor LDR dapat dimonitoring melalui aplikasi web.

(Raffael Matthew 21/4/2022)