0 9 min 1 yr

DONI ALVANDRI AKBAR

TEKNIK INFORMATIKA

• ABSTRAK

Perkembangan zaman menuntut manusia agar bekerja dengan mudah. Segala aspek pekerjaan membutuhkan manajemen data yang baik. Aplikasi absensi mahasiswa di buat berdasarkan permasalahan yang terjadi di perkuliahan di Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta. Aplikasi absensi ini di buat dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL. Aplikasi ini bertujuan mempermudah mengolah informasi kehadiran mahasiswa. Sistem Absensi pada kampus ITKJ pada saat ini masih menggunakan manual atau tulis tangan, dan dalam penelitian ini saya membuat perancangan sistem absensi mahasiswa berbasis web untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam absensi. Dengan ada nya absensi ini mahasiswa dapat mengoptimalkan kuliah dengan sangat baik. Karena sistem absensi ini di akses sangat mudah dan sangat efisien.

• PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Dalam era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi informasi melaju dengan cepat. Adapun komputer yang terhubung dengan internet yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia sangat dibutuhkan dalam segala bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Masih ada beberapa kampus di Jakarta yang menggunakan absensi mahasiswa secara manual atau tulis tangan. ITKJ adalah salah satu kampus yang sampai saat ini masih menggunakan media absensi mahasiswa secara manual atau tulis tangan.

Dengan masih digunakannya media tulis tangan dalam melakukan absensi mahasiswa, terkadang data yang disimpan mudah hilang dan dapat dimanipulasi dengan mudah oleh pihak-pihak tertentu. Dengan kurangnya efisiensi dalam melakuan kegiatan absensi mahasiswa tersebut, maka dibutuhkan suatu aplikasi berbasis web yang terhubung ke suatu jaringan dan dapat dijalankan atau dioperasikan dengan mudah, sehingga dapat mempermudah kegiatan absensi mahasiswa ITKJ.

Absensi adalah sebuah kegiatan pengambilan data guna mengetahui jumlah kehadiran setiap kegiatan yang membutuhkan informasi mengenai peserta tentu akan melakukan absensi. Hal ini juga terjadi pada proses belajar. Kegunaan absensi ini terjadi pada pihak pelajar dan pihak pengada proses belajar mengajar.

Pengambilan data absensi ini sendiri dilakukan secara manual memiliki banyak kekurangan, seperti data yang tidak valid ketika data yang masuk salah. Kekurangan lain dari pengambilan data secara manual adalah hilang atau rusaknya data yang ada. kekurangan lain adalah kurangnya efisiensi dan efektifitas pada pengolahan data.

Tak hanya perkembangan teknologi informasi namun perkembangan aplikasi juga pesat. Salah satu perkembangan pada aplikasi teknologi informasi adalah sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

Dunia Pendidikan bukan lagi merupakan hal yang dapat di kesampingkan terutama pada mahasiswa Perkembangan pada Pendidikan sangat perlu di perhatikan peran orang-orang di sekitar sangat berpengaruh besar, absensi mahasiswa secara manual akan menemui beberapa kendala di antaranya mudah tercecer,sulit nya dalam pencarian data serta lambatnya dalam pengolahan data. Maka dianggap perlu perubahan system secara komputerisasi sehingga data yang di dapat lebih akurat dan penyimpanan data menggunakan system databases.

Bedasarkan uraian diatas saya ingin membuat suatu rancangan program sistem absensi mahasiswa berbasis web yang terkoneksi internet. Oleh karena itu, saya menjadikan bahan penulisan Skripsi ini dengan judul sebagai berikut:

PERANCANGAN SISTEM ABSENSI MAHASISWA BERBASIS WEB DI INSTITUT TEKNOLOGI & KESEHATAN JAKARTA

1.2. Perumusan Masalah

Berdasarkan rumusan masalah diatas maka dalam penulisan skripsi ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana cara mempermudah absensi mahasiswa dalam mengefisienkan waktu dalam perkuliahan
  2. Bagaimana cara mengolah data-data absensi mahasiswa yang lebih akurat

1.3. Tujuan

Tujuan dari penelitian ini merancang dan membangun aplikasi ini :

  1. Untuk merancang sistem absesnsi mahasiswa itkj berbasis web
  2. Untuk menbangun sistem pengolahan data-data absensi mahasiswa secara komputerisas

1.4. Batasan Masalah

Berdasarkan penjabaran latar belakang penulisan maka dapat dirumuskan bahwa masalah yang saat ini dihadapi adalah :

  1. Absensi ini di rancang dengan database PHP myadmin
  2. Pengguna dalam sistem ini adalah mahasiswa dan dosen atau admin

1.5. Manfaat

  1. Dengan adanya absensi berbasis web ini dapat di manfaatkan agar proses absen berjalan cepat sehinggga dapat lebih efisien waktu dan mengurangi kecurangan pada proses absen.
  2. Tingkat kedisiplinan mahasiswa juga dapat di tingkatkan dengan proses absensi menggunakan web.

• METODE PENELITIAN

2.1. Rancangan Sistem Usulan

Metode penilitian dalam suatu penelitian sangat pentung. sebab dengan menggunakan metode yang tepat maka akan mendapatkan hasil yang tepat. Artinya apabila seseorang yang akan mengadakan penelitian dengan menggunakan dengan suatu metode yang sesuai dengan apa yang di selidiki maka akan mendapatkan data yang benar dan dpat di pertanggung jawabkan.

Penelitian adalah suatu proses yang sistematis dan analisis yang logis terhadap data untuk menentukan suatu tujuan tertentu, sedangkan metode merupakan cara-cara yang di gunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Sebelum penelitian dilaksananakan penulis menggunakan metode-metode yang sesuai, maka bagi seorang peneliti hendaknya mengetahui secara pasti jenis-jenis dan sifat penelitian, agar memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan yang hendak di capai.

2.2. Prosedur Sistem Usulan

Pada sitem ini absensi mahasiswa ITKJ ini melakukan perancangan sistem absensi berbasis web untuk mahasiswa. Untuk lebih jelas prosedur sistem usulan sebagai berikut:

a. Prosedur login menggunakan email

Setiap mahasiswa wajib absen di kampus dengan menggunakan web kampus

dengan cara login memasukkan email dan password.

b. Prosedur Absen

Memilih absen masuk dan setelah perkuliahan memilih absen pulang.

c. Dosen

Dosen akan mengkonfirmasi setiap absensi mahasiswa yang sudah melakukan absensi pada mata kuliah yang di ajarkan dan dosen harus melaporkan ke bagian admin yang ada di kampus.

2.3. Metode pendekatan dan pengembangan sistem

Metode pendekatan dan pengembangan sistem menggambarkan tahapan-tahapan dalam proses penelitian guna memecahkan masalah penelitian dari awal perencanaan hingga tercapainya tujuan penelitian dan pengembangan sistem.

2.4. Metode pendekatan sistem

Metode pendekatan sistem yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan terstruktur. Pendekatan terstruktur mengenalkan penggunaan alat-alat dan teknik-teknik untuk mengembangkan sistem yang terstruktur. Tujuan pendekatan terstruktur adalah agar pada akhir pengembangan perangkat lunak dapat memenuhi kebutuhan user, dilakukan tepat waktu, tidak melampaui anggaran biaya, mudah dipergunakan, mudah dipahami dan mudah dirawat.

2.5. Metode pengembangan sistem

Metode pengembangan dan implementasi sistem yang penulis gunakan yaitu menggunakan metodologi waterfall model. Adapun tahapan – tahapan dari metodologi waterfall model sebagai berikut:

  1. Analis

Tahapan untuk menganalisis dan memahami sistem atau prosedur yang ada, mengidentifikasikan masalahnya dan mencari solusinya.

  1. Desain

Tahapan untuk menterjemahkan data yang telah dianalisis kedalam bentuk yang mudah dimengerti oleh pemakai (user). Tahapan ini meliputi desain proses, input, output dan desain database.

3. Kode

Tahapan untuk pengkodean yang mengimplementasikan hasil desain kedalam kode atau bahasa yang dimengerti oleh mesin komputer dengan menggunakan pemrograman tertentu.

  1. Testing

Tahapan untuk melakukan pengujian kebenaran logis dan fungsional. Disinilah akan diketahui kekurangan-kekurangan yang menyebabkan kerusakan.

  1. Pemeliharaan

Tahapan untuk menangani perangkat lunak yang sudah selesai supaya dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari gangguan-gangguan yang menyebabkan kerusakan.

• HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1. Pengujian sistem

Sistem ini di gunakan dengan cara menggunakan Xampp dan menjalankannya seperti membuka browser dan memasukkan addres web yang sudah di buat untuk melakuakan pengujian sistem ini.

Adapun untuk melakuakan pengujian sistem ini sebagai berikut: 1. Mengaktifkan Apache dan MySQL yang ada pada web server XAMPP dengan mengklik tombol start.

3.2. Langkah menjalankan sistem

Langkah awal untuk menjalankan system sebagai berikut:

1. Buka aplikasi browser yang rekomendasikan penulis adalah di gunakan googlechrome

2. Isikan alamat di menu address http://localhost/absensi pkl maka akan tampil halaman utama sistem.

• KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah bahwa sistem absensi berbasis web memberikan kemudahan bagi dosen dalam mengabsesn mahasiswa dan mengefisenkan dan mengefektifkan waktu dan juga meminimalisir kehilangan absensi dan serta manipulasi absen, selain itu pengguna absensi berbasis web dapat mengurangi penggunaan kertas yang terus menerus sebagai media absensi, sehingga mengurangi resiko global warming.

Proses pengolahan data dan absensi mahasiswa dengan menggunakan absensi berbasis web sangat praktis bila dibandingkan dengan cara menggunakan kertas, yaitu pengguna atau pengoperasi sistem hanya tinggal memasukkan data-data dari suatu dokumen berdasarkan hal-hal yang telah ditentukan.

(Ferdy – 21 – 04 – 2022)