0 3 min 2 yrs

Nama : Muhammad Akbar Hadibrata

Jurusan : Teknik Elektro Konsentrasi Energi listrik

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan konsumsi bahan bakar fosil dan sumber daya alam bagi kehidupan manusia memungkinkan adanya penambahan alat yang dapat menambah efisiensi penggunaan bahan bakar. Banyak pabrikan otomotif yang sudah berinovasi menerapkan metode forced induction pada mesin berbahan bakar bensin, salah satunya adalah penerapan kipas Penelitian ini dibuat untuk mengetahui perbedaan output tenaga dan efisiensi yang mesin dengan penambahan metode forced induction pada mesin standar (Naturaly Aspirated) berkarburator konvensional menggunakan kipas bertekanan dengan pengatur kecepatan. Penerapan alat ini meningkatkan daya mesin sebesar 4% dan torsi mesin sebesar 0.5% serta meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 23%

Inovasi adalah hal yang selalu dilakukan oleh setiap orang khususnya para peneliti dan ilmuan. Arti inovasi adalah suatu pembaharuan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut dapat mempunyai manfaat lebih bagi kehidupan manusia.

Pada dasarnya manfaat inovasi adalah untuk menyempurnakan atau meningkatkan fungsi dari pemanfaatan suatu produk atau sumber daya sehingga manusia mendapatkan manfaat yang lebih.

Karena itulah penulis membuat sebuah alat untuk lebih memaksimalkan potensi dari teknologi yang sudah ada. Alat yang penulis buat adalah kipas bertekanan atau biasa disebut Blower diatur oleh perangkat pengatur kecepatan yang diatur secara mekanis melalui throttle cable. Alat ini nantinya akan membantu udara segar yang masuk kedalam mesin menjadi lebih kaya. Dalam dunia otomotif teknologi ini biasanya disebut forced induction.

Dalam membuat Kipas bertekanan dengan pengatur kecepatan dalam tugas akhir ini penulis menggunakan beberapa metode penelitian,yaitu :

  • Studi Literatur : Studi literatur dimaksudkan untuk mempelajari beberapa sumber referensi atau teori (buku dan internet) yang berkaitan dengan kipas penekan (Blower) dan sistem pembakaran mesin 4 langkah.
  • Eksperimen : Eksperimen dimaksudkan untuk menguji pengaruh suatu variabel bebas, yaitu: komponen penyalur debit bensin pada karburator (nozzle) pada saat pengujian alat dan pengambilan data efisiensi bahan bakar secara manual.
Hasil pengukuran

Berdasarkan tabel diatas dapat dilihat hubungan tuas throttle terhadap tegangan dan putaran kipas, kipas penekan bekerja pada range tegangan 5,38 volt – 9,50 volt dan arusnya berbanding lurus dengan tegangan bekerja pada 1,05 ampere – 1,98 ampere. Sedangkan untuk tahanan kipas sendiri berada konstan pada 4,8 2 (ohm). Dari data-data tersebut menghasilkan putaran padakipas yang bekerja pada range 3.080 rpm-4.238 rpm.

Setelah dilakukan pengujian hasil perancangan alat “Kipas Bertekanan dengan Pengatur Kecepatan”, dapat diambil beberapa kesimpulan:

  1. Alat dapat terpasang dan berfungsi dengan baik pada mesin motor uji.
  2. Untuk memasang alat ini dibutuhkan modifikasi yang tidak sedikit.
  3. Alat ini menyebabkan tuas throttle lebih berat dari sebelumnya.
  4. Alat ini meningkatkan daya dan torsi motor yang tidak terlalu signifikan sebesar 4% dan 0.5%.
  5. Alat ini meningkatan efisiensi bahan bakar sebesar 23%.
  6. Alat ini dapat diaplikasikan ke mctor karburator, injeksi dan juga mobil.

(Raffael Matthew 21/4/2022)