0 3 min 2 yrs

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan langkah atau proses awal yang dilakukan penyelenggara pendidikan baik tingkat dasar ataupun tinggi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 44 Tahun 2019, BAB I Pasal 2. Sistem PPDB secara daring di sekolah-sekolah ini harus dikembangkan sehingga diharapkan akan membuat pelaksanaan PPDB yang akan dibuat pada SMK Karya Guna Bakti 1 Kota Bekasi ini menjadi lebih transparan, akuntabel, serta akomodatif. Sistem ini juga akan menjadikan proses pendataan peserta baru dengan lebih mudah dan cepat. Pelaksanaan program PPDB akan menjadi lebih efisien, baik dalam hal waktu, tempat, biaya, maupun tenaga.

Berdasarkan pemaparan yang telah dijelaskan, maka dari rumusan masalah tersebut penulis tertarik untuk mengambil judul “Rancang Bangun Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Framework MVC dengan Metode Grounded Research pada SMK Karya Guna Bakti 1 Kota Bekasi.”

Metode penelitian yang digunakan adalah Metode grounded research yaitu melakukan penelitian berdasarkan fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu bersamaan.

Tahap-tahapan dalam Proses waterfall  adalah sebagai berikut: 

1.Analisis Tahap ini menjelaskan tentang analisa Aplikasi Sistem Dokumentasi Digital E-Archive, yang dihimpun dalam satu program.

2.Desain Proses desain akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak Tahap ini menjelaskan tentang gambaran umum, stuktur navigasi, rancangan pembuatan Sistem E-Archive ini. 

3.bahasa pemrograman yang dipakai adalah Informasi Analisis Desain Pengodean Pengujian III-3 menggunakan bahasa PHP dan javascript dengan algoritma pencarian menggunakan regular expression sebagai metodenya.

4.Disini akan diketahui kekurangan, kelebihan dan kesalahan yang terdapat pada aplikasi dan dilakukan pengujian performa dari proses pencarian menggunakan regular expression, dimana akan dinilai seberapa kompeten aplikasi sistem ini saat digunakan oleh end user.

Hasil

  1. Perancangan Basis Data
  2. Tabel UNBK

  Berikut adalah rancangan spesifikasi dari tabel UNBK, yang berfungsi untuk menyimpan data UNBK

  • Tabel USBN

berfungsi untuk menyimpan data USBN

  • Tabel Rapor

Berikut adalah rancangan spesifikasi dari tabel Rapor, yang berfungsi untuk menyimpan data Rapor

  • Tabel Siswa

Berikut adalah rancangan spesifikasi dari tabel Siswa, yang berfungsi untuk menyimpan data Siswa

(Hana 12/04/2022)