
Dalam masa Pandemi Covid-19 ini sangat sulit untuk melakukan kegiatan atau transaksi yang sifatnya tatap muka atau offline semua kegiatan harus dilakukan secara online,pandemi covid-19 ini memberikan dampak sangat besar dimana semua kegiatan tatap muka atau offline sangat tidak dianjurkan oleh pemerintah karena akan menimbulkan keramaian dan kerumunan, dari kejadian ini semua kegiatan atau transaksi harus tetap berjalan meski dimasa pandemi. . Penggunaan perangkat teknologi informasi untuk sekarang ini sangat dibutuhkan apalagi dimasa pandemi seperti saat ini untuk mendorong setiap kegiatan atau transkasi yang tidak bisa dilakukan dalam kata lain harus dilakukan secara jarak jauh atau online, secara tidak langsung harus membiasakan diri untuk menggunakan serta mengakses teknologi dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan atau organisasi di saat masa pandemi covid-19.
Munculnya permasalahan yaitu ketika peserta didik tidak bisa lagi membayar SPP secara langsung atau ofline semua harus dilakukan secara online dan permasalahan yang lain adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pencatatan dan pelaporan pembayaran SPP yang sudah lunas atau menunggak untuk dilaporkan kepada kepala sekolah, maka dari itu sering terjadinya keterlambatan untuk pelaporan SPP dikarenakan staff tata usaha / petugas harus membuka buku dan mencari data satu per satu yang mengakitbatkan proses memakan waktu yang cukup lama dan tidak efisien.
METODE
- Diagram Alir Penelitian
Diagram Alir adalah bagian yang menunjukkan alur proses penelitian atau apa yang sedang dikerjakan di dalam penelitian secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari proses-proses tersebut.
Penelitian dilakukan berdasarkan diagram alir dibawah ini sesuai dengan metode penelitian Research and Development (R&D) karena metode ini sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai untuk menghasilkan suatu produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Dari 10 langkah yang dikembangkan oleh sugiyono. Hanya 6 langkah yang akan diadaptasikan dalam penelitian kali ini yaitu langkah 1 sampai 6. Adapun diagram alir pada penelitian ini
2.Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian ini ada SMK Karya Guna Bhakti 1 Bekasi dan yang menjadi objek penelitian yaitu staff tata usaha SMK Karya Guna Bhakti 1 Bekasi.
- Pengembangan Sistem
Pada penelitian ini penulis menggunakan Intructional Design (Design Pembelajaran) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach (2009) dengan pendekatan ADDIE. ADDIE adalah kepanjangan dari Analysis, Design, Develoment, Implementation, and Evaluation. Karena metode ini merupakan cara penelitian yang sangat elastis dalam penerapaanya. Elastis disini adalah antara tahapan demi tahapan dapat langsung di evaluasi dan revisi sesuai dengan kondisi dilapangan. Berikut ini adalah gambaran ADDIE:

HASIL DAN PEMBAHASAN
Implementasi
1.coding
Pada tahap ini merupakan tahapan dari pengkodean yang di design ke dalam suatu bahasa pemograman, sistem ini di rancang dengan menggunakan Bahasa pemograman PHP dan Mysql Server sebagai basis data atau database nya.
2. Implementasi
Setelah design dibuat dengan menggunakan aplikasi open source yang bernama Draw.io, dan database dengan nama dbSPP dibuat pada phpMyAdmin, serta coding yang sudah dikerjakan pada softwere Visual Studio Code, berikut ini adalah proses implementasi dan testing website yang akan digunakan pada sekolah :
- Buka Xampp, kemudian “Run” Apache dan Mysql
- Buka web browser
- Search localhost/SPP/.
- Testing
Login | ||||
User | Aktivitas | Proses | Output | Keterangan |
Admin | Login | Verifikasi | Menampilkan halaman dashboard | Sukses |
Siswa | Menampilkan halaman dashboard | |||
Data Siswa | ||||
Admin | Lihat data | Verifikasi | Menampilkan menu data siswa | Sukses |
Input data siswa | Menyimpan data kedalam database, dan menampilkan data pada menu data siswa | |||
Edit, dan Delete Data | Menyimpan kedalam database, dan menampilkan update data pada menu data siswa | |||
Registrasi | ||||
Siswa | Register (cek nis) | Verifikasi | Membaca input (nis) pada database, jika tersedia maka default nis | Sukses |
Register (masukkan password) | Menyimpan data kedalam database, dan menampilkan dashboard | |||
Tagihan | ||||
Admin | Lihat data | Verifikasi | Menampilkan menu data tagihan | Sukses |
Generate | Menampilkan data tagihan | |||
Siswa | Lihat tagihan | Menampilkan data tagihan | ||
Pembayaran | ||||
Siswa | Unggah | Verifikasi | Menyimpan dan mengirim dokumen kedalam database | Sukses |
Lihat | Menampilkan proses pengiriman bukti pembayaran | |||
Admin | Lihat | Menampilkan data pembayaran yang menunggu verifikasi | ||
Verifikasi | Memverifikasi pembayaran kemudian menyimpan dokumen kedalam database, dan menampilkan update pembayaran | |||
Rekap Pembayaran | ||||
Admin | Lihat | Verifikasi | Menampilkan data pembayaran yang sudah masuk | Sukses |
Cari tanggal | Menampilkan data pembayaran sesuai pencarian tanggal, bulan dan tahun | |||
Cetak Pembayaran | Menampilkan tampilan cetak rekapitulasi | |||
Logout | ||||
Admin | Logout | Verifikasi | Keluar sistem, dan menampilkan halaman login | Sukses |
Siswa | Keluar sistem, dan menampilkan halaman login |
Subheading Level 2
- Perancangan Sistem
Perancangan sistem merupakan proses menyusun sistem baru atau merubah sistem yang ada dari hasil evaluasi terhadap sistem yang ada. Perancangan sistem ini dibuat sebagai tahapa untuk mempersiapkan proses penerapan atau implementasi sistem yang diharapkan dan untuk menggambarkan secara jelas proses-proses yang diinginkan pengguna.
- Tujuan Perancangan Sistem
Tujuan dari perancangan sistem adalah proses penjabaran suatu sistem secara umum yang didalamnya menggambarkan perancangan umum dari sistem yang akan di bangun. Disetiap bagian terdapat gambaran analisis kebutuhan-kebutuhan fungional dari sistem yang akan dibangun. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam proses pembangunan suatu sistem yang baru.
Tujuan perancangan sistem ini adalah untuk membuat suatu sistem informasi yang dapat :
- Memfasilitasi dan mengoptimalkan proses pengolahan data administrasi agar pencapaian laporan susai target yang diinginkan dapat di maksimalkan dan dapat dilakukan secara efisien dan efektif.
- Dapat mempermudah proses pembayaran SPP dimasa seperti saat ini dan masa yang akan datang.
- Meminimalisir kerusakan dan kehilangan data.
- Gambaran umum sistem yang diusulkan
Dalam sistem ini mengutamakan efektifitas dan efisiensi dalam penyampaian informasi menjadi tujuan utama yang akan dicapai. Melalui sistem yang baru proses pengolahan data administrasi keuangan khususnya SPP akan lebih mudah dijalankan dan dikerjakan oleh staff tata usaha sebagai administrator dan siswa sebagai user.
- Perancangan Sistem Yang Diusulkan
- Admin
- Akses web.
- Login.
- Input data siswa.
- Input tagihan.
- Lihat pembayaran.
- Konfirmasi.
- Siswa
- Akses web.
- Registrasi.
- Login.
- Lihat tagihan.
- Bayar.
- Unggah bukti pembayaran.
- Sistem
- MemVerifikasi proses yang dilakukan oleh admin dan siswa.
- Menyimpan data yang di-input oleh admin dan siswa.
- Menampilkan data dari database kedalam tampilan sistem.
(Hana 11/04/2022)