Yayasan STTJ | Karir | Hubungi Kami

Selamat Datang di Kampus Riset & Teknologi Energi Terbarukan
Mencetak Jiwa Enterpreneur yang Profesional
Fasilitas dan Infrastruktur Berkualitas Tinggi
Tenaga Pengajar dari Praktisi yang Berpengalaman
STTJ Mengabdi untuk Negeri
Terus Menjalin Hubungan Alumni dan Almamater
 

Ketua Yayasan MSU Global


Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta (STTJ) didirikan pada tanggal 28 Oktober 1972 Oleh Yayasan Pelita. Dengan pertimbangan bahwa Yayasan Pelita akan lebih memberikan perhatian kepada pendidikan teknik menengah, maka untuk meningkatkan pembinaannya terutama dalam bidang akademik, pada tahun 1972 pengelolaan terhadap STTJ diserahkan oleh Yayasan Pelita ke Yayasan Teknojaya, dan pada tahun 2013 diserahkan ke Yayasan MSU Indonesia.

Riwayat Hidup Ketua Yayasan STTJ
Nama : DR. EDDY YUSUF
Jabatan : KETUA YAYASAN SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI JAKARTA
Jabatan Lain : DEKAN FAKULTAS FARMASI MSU MALAYSIA
Email : eddy@msu.edu.my
Bidang Khusus : Kosmetik dan Obat Transdermal

Pengalaman Mengajar dan Pengawasan
Pengalaman mengajar sejak 1995 (Hampir 20 tahun) di berbagai sekolah, termasuk sekolah farmasi dan sekolah keperawatan di Indonesia dan Malaysia. Telah diangkat sebagai dosen pada beberapa kampus internasional, seperti Universitas Keiodi Tokyo, Universitas Josai di Saitama, Universitas Khon Kern di Thailand. Disamping itu, telah diundang menjadi pembicara di Konfrensi Internasional seperti Konfrensi AFPS, Konferensi APSTJ, Workshop PharmED, dll.

Telah menyelesaikan program master di Farmasi Klinis di Universitas Indonesia pada tahun 2008. Disamping itu juga menyelesaikan Sekolah Farmasi di Malaysia (Sekolah Farmasi CUCMS dan Sekolah Farmasi di MSU). Banyak aktivitas yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum dan metodologi pengajaran yang telah disusun sebagai program baru.

Pada pengembangan endidikan farmasi, menjadi pemimpin pada Workshop Pendidikan Farmasi se-Asia Pasifik, sebuah workshop tahunan, yang diselenggarakan oleh MSU di tahun 2010. Workshop ini terus menerus diadakan setiap tahunnya di beberapa negara Indonesia, Jepang, dan Thailand. Workshop tersebut memeiliki beberapa variasi rekomendasi dari pengembangan kurikulum faramasi, metodologi pengajaran sebagai penelitian di pendidikan farmasi.

Saya juga mengikuti Program Indonesian National Examiner Health Science selama lima tahun dan menjadi seorang panelis MQA pada program farmasi hingga sekarang.

Saya juga bergerak di Workshop Nasional Farmakognosi di USM, Penang, 2007
Aktivitas supervisi murid dan mahasiswa saya termasuk supervisi final pada projek penelitian (RP1 dan RP2) dan Mahasiswa Master yang akan menyelesaikan gelar PhD. Saya juga telah melakukan supervisi kepada empat mahasiswa di Universitas Indonesia, 3 mahasiswa master di MSU (2 mahasiswa telah menyelesaikan, dan 1 mahasiswa dalam tahap proses), dan 1 mahasiswa PhDdi UKM dan 1 mahasiswa PhD di MSU (Keduanya telah selesai).

Pengakuan Akademik dan Kepemimpinan
Kekuatan di bidang kepemimpinan untuk membangun kualitas yang baik dan kesolid-an tim di Sekolah Farmasi. Sebagai Dekan di Sekolah Farmasi MSU, Saya telah menangani dan membangun tim dimana hampir 100% dari mereka tetap di MSU sampai hari ini dengan kekuatan karakter dari MSU-rian. Kita selalu mengingat staf seperti halnya murid dan mahasiswa.

Kekuatan lainnya adalah kita dapat bangga pada penghargaan SPH MSU tentang aktivitas internasional

Kita telah membangun beberapa kegiatan internasional, seperti pertukaran pelajar dengan Universitas Josai (Jepang), Universitas Burapha (Tahiland), Universitas Airlangga (Indonesia). Kita juga menyelenggarakan beberapa konfensi internasional, seperi AFPS (Asian Federation for Pharmaceutical Sciences) di tahun 2011. Saya juga telah menjadi pemimpindi ASA pada Workshop pendidikan di Asia Pasifik pada tahun 2010 dan 2011 di Malaysia dan wakil di workshop pada tahun 2012 di Indonesia, 2013 di Jepang dan 2014 di Thailand.

Saya sebagai wakil presiden dari Asian Federation for Pharmaceutical Sciences (AFPS) pada 2011-2013, dan menjadi presiden AFPS pada dalam 2013 dan 2014.
Di MSU, Saya menerima penghargaan presiden pada tahun 2009 dan menjadi tim terbaik pada tahun 2010.

Saya ingin menunjukan beberapa penghargaan akademik termasuk:
- Award as a Saintis Kebangsaan year 2005
- Gold medal winner of the Science, Technology and Innovation Expo2004
- Gold medal winner of the Ekspo Penyelidikan & Inovasi 2004 UniversitiKebangsaan Malaysia
- Bronze Medal winner of the 33E Salon International des inventions, Geneva, Swiss
- Winner of the Indonesian scientific cancer research paper competition 2006
- Bronze medal winner at The 66th FIP WorldPharmacy Conference.
- The Winner of CPS Nagai Award in FAPA Conference Bangkok 2004
- Speaker at APSTJ Conference, Nagoya, Japan, 2013
- Speaker at Northeastern pharmacy conference Thailand, 2012
- Award Lecture Presentation at The 20th Congress of Federation of Asian Pharmaceutical Associations (FAPA).
- Speaker at Indonesian Aseptic Dispensing Course
- Speaker at Symposium on nutrition support
- Speaker at Hospital Pharmacist Training

Pembicara pada Pendidikan Tetap pada Farmasi Pendidikan
Konsultan
Dengan petunjuk dari Presiden MSU, Saya mengawali program International dengan Universitas Josai, di Jepang. Program dimulai pada tahun 2010 dengan satu bulan kerjasama mahasiswa MSU di Jepang sebagai program kerjasama dengan mahasiswa Jepang di Malaysia.
Program ini memiliki kemajuan yang baik dan diperpanjang untuk semester sebagai dasar dan program 2+2.
Program ini telah menyukseskan dalam beberapa tahun dan menjadi contoh (role model) dari kolaborasi internasional di MSU.

Sebelumnya, saya telah menjadi konsultan untuk formulasi pada Industri Kosmetik Citra Ayu. Saya telah menawarkan solusi untuk masalah stabilitas pada produk dan formulasi. Disamping itu saya juga sebagai konsultan herbal medis (slimming tea) di Indonesia.

Pengabdian
Pengabdian Kepada Masyarakat
Kontribusi pada kampus MSU dimulai saat bergabung pada institusi tersebut, dimana MSU mengangkat saya sebagai pendiri/ dekan kepala di sekolah farmasi. Penetapan nama menjadi SPH melewati berbagai rintangan dan halangan untuk menunaikan persyaratan oleh peraturan farmasi malasysia. Berkat dukungan dan petunjuk dari Presiden dan CEO, saat ini SPH MSU menjadi salah satu sekolah yang sangat maju di Malaysia. Disamping itu, keterlibatan aktif dari SPH dalam banyak acara internasional membuat SPH menadi salah satu sekolah yang tersohor di wilayahnya. Sekolah ini telah menerima beberapa penghargaan dan pengakuan dari Presiden MSU, beberapa dari penghargaan terbaik internasional dan hubungan Internasional. Saya memiliki sebuah Piala Presiden dua tahun di MSU.

Kontribusi lain yang telah dilakukan untuk MSU adalah mendirikan pusat CFS (Centre for Foundation Studies) di Indonesia, pada tahun 2013 MSU mendirikan kolaborasi unik dengan Pesantren Darul Qolam sebagai pengembangan CFS terbaru di Indonesia. Tempat tersebut menunjukan kemajuan yang menjadi bibit yang potensial untuk rekrutmen di Indonesia.

Projek MSU lain di Indonesia adalah kontribusi dalam pendirian kolaborasi diantara MSU dan Dinas Pendidikan Indonesia dalam mendapatkan murid dari Indonesia di bawah beasiswa dari pemerintah Indonesia. Sekarang ini MSU telah mendirikan kolaborasi dengan beberapa pemerintah daerah seperti Empat Lawang (Sumatera Selatan) dan Pekanbaru (Riau) dengan hampir 100 murid.

Pendirian kampus lokal MSU, STTJ (Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta) adalah kontribusi lain yang telah dikerjakan. Meskipun banyak hambatan dan rintangan, akhirnya institusi ini bertumbuh dengan bentuk FTW sebagai poin kekuatannya.
Sebelumnya saya telah menjadi tim dari pendirian CUCMS (Cyberjaya College of Medical Sciences), termasuk pendirian fakultas farmasi.
Ketika saya bertugas di Rumah Sakit Fatmawati (Indonesia), Saya mendirikan sebuah TPN (Total Parenteral Nutrition Centre)pertama di negara tersebut.

Pengabdian Masyarakat
Untuk membantu program perekrutan mahasiswa dari Indonesia, saya telah aktif berkontribusi pada kegiatan sosial dengan berbagai aktivitas.
- Membuat perjanjian diantara MSU dan Dinas Pendidikan Indonesia untuk menyediakan pendidikan gratis untuk murid dari Indonesia untuk mengikuti program beasiswa pemerintah Indonesia dan MSU. Perjanjian tersebut memberikan kemungkinan untuk masyarakat kalangan marginal dan terbaik di Indonesia untuk medapatkan pendidikan yang berkualitas di MSU.
- Saya juga penggagas yang menjadi duta dan pembimbing untuk siswa perwakilan Indonesia untuk menuju MSU.

Sebelumnya saya telah membuat komunitas pelayanan tiap bulan di Uluyam. Program ini bekerjasama dengan SPH MSU dan Perusahaan Farmasi GSK. Program ini dibuat dengan perjanjian antara “orang ali” dalam pelayanan kesehatan.
Ketika berada di UKM (University Kebangsaan Malaysia), Saya telah aktif terbawa sebagai seorang “felo” sebagai murid hostels. Sebagai seorang felo, saya telah diserahkan beberapa permasalahan murid dalam hostels. Disamping itu saya juga telah diangkat sebagai penasihat di “Persatuan Bulan Sabit Merah” di UKM.

Penutup
Dalam penutup, saya yakin telah menunaikan semua persyaratan untuk menjadi profesor terbaik, seorang yang memiliki kecakapan untuk berkontribusi lebih untuk akademik di dunia farmasi.

Kualifikasi akademik juga sangat fokus. Saya berada pada bidang farmasi sejak di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi. Saya telah memiliki pengalaman bekerja hampir di semua area farmasi, seperti industri farmasi dan kosmetik, rumah sakit, komunitas farmasi, pusat penelitian di bidang farmasi.

Bidang penelitian sangat unik dan berorientasi produk dan pelayanan. Saya memiliki pengalaman dalam pengembangan sebuah penelitian baru dan mendapatkan paten di Malaysia. Saya pekerja keras dan dapat bekerja secara independen tanpa supervisi yang berlebih.

Saya telah menunjukan kecakapan kepemimpinan yang hebat dalam kemampuan untuk menjadikan SPH MSU ke dalam salah satu sekolah farmasi yang berwawasan global. Saya memimpin tim terbaik dalam SPH dan bergerak menjadi MSUrian (Termasuk staff dari luar negeri). Catatan SPH menjadi sebuah organisasi dengan tim dan mahasiswa terbaik.

Sebagai profesor saya yakin dengan dedikasi, kerja keras, dan pengalaman di bidang farmasi, dan terlibat aktif dalam program Internasional yang akan memimpin MSU menjadi Universitas yang mendunia.


Thanks, Eddy Yusuf
Writter: Alhara Yuwanda

 
   
2015 - 2017 Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta