Yayasan STTJ | Karir | Hubungi Kami

Selamat Datang di Kampus Riset & Teknologi Energi Terbarukan
Mencetak Jiwa Enterpreneur yang Profesional
Fasilitas dan Infrastruktur Berkualitas Tinggi
Tenaga Pengajar dari Praktisi yang Berpengalaman
STTJ Mengabdi untuk Negeri
Terus Menjalin Hubungan Alumni dan Almamater
 

Yayasan STTJ


Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Bahwa keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang berupa karsa yang kuat, penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian, merupakan unsur pokok yang menentukan bagi perkembangan dan kemajuan suatu bangsa;

Bahwa Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta pusat kebudayaan dan kecendekiawanan, yang sejak berdirinya pada tanggal31 Oktober 1974, berkewajiban untuk mencerdaskan bangsa, menjunjung tinggi harkat dan martabat masyarakat Bekasi, bangsa Indonesia, dan umat manusia;

Bahwa Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta bertekad untuk terus berusaha memelihara dan meningkatkan kemampuannya dalam menggali, mengembangkan, dan mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian yang berwawasan nasional dan berorientasi global melalui tridharma perguruan tinggi demi terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila;

Maka oleh karena itu dengan tetap bertawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa dan disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk melaksanakan tekad tersebut di atas, disusunlah Statuta Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta sebagai berikut:

1.Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta selanjutnya dapat disebut STTJ, adalah satuan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah.
2.Yayasan adalah Yayasan MSU Global disingkat YT sebagai Badan Penyelenggara Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta (STTJ).
3.Dewan penyantun adalah suatu kelompok yang terdiri dari beberapa personil yang mempunyai profesi tertentu dan tokoh masyarakat yang bertugas sebagai penasehat dan pengasuh dalam menentukan arah dan kebijaksanaan yayasan dan lembaga pendidikan di bawah yayasan.
4.Badan Pelaksana Harian – Yayasan MSU Global adalah badan yang dibentuk oleh Yayasan MSU Global untuk membina dan mengawasi kegiatan Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta, serta memberi bahan pertimbangan kepada Yayasan MSU Global guna menentukan garis kebijakan.
5.Statuta adalah pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta yang dipakai sebagai rujukkan peraturan umum, peraturan akademik, dan peraturan operasional dalam merencanakan, menyelenggarakan mengembangkan, dan melaksanakan seluruh kegiatan sesuai dengan tujuan Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
6.Ketua adalah pimpinan tertinggi Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
7.Senat Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta adalah badan normatif dan perwakilan tertinggi pada STTJ.
8.Pimpinan adalah perangkat pengambil keputusan tertinggi yang terdiri dari Ketua dan para Pembantu KetuaSekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
9.Dosen adalah tenaga akademik Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta yang diangkat untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olahraga, dan seni secara institusional melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
10.Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang diangkat dan mengabdikan diri untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
11.Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar resmi dan belajar di Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
12.Alumni adalah peserta didik yang telah menyelesaikan studi pada jenjang pendidikan tertentu di Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
13.Kebebasan akademik adalah hak pengajar maupun mahasiswa melakukan kegiatan pengajaran dan penelitian untuk memperdalam suatu bidang ilmu tanpa ada campur tangan yang dapat mengurangi nilai akademis dari bidang ilmu tersebut.
14.Kebebasan mimbar akademik adalah kebebasan dosen dalam menyampaikan pikiran dan pendapat secara bebas di Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta sesuai dengan kaidah keilmuan.
15.Otonomi keilmuan Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta merupakan kegiatan-kegiatan keilmuan yang berpedoman kepada norma-norma dan kaidah keilmuan yang harus ditaati oleh para anggota dan sivitas akademika.
16.Otonomi pengelolaan adalah otonomi Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta dalam pengelolaan kegiatan keilmuan dan kegiatan penunjang berdasarkan peraturan yang berlaku.
17.Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah misi yang diemban oleh Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta, yakni menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
18.Tenaga administrasi adalah pelaksana administrasi Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta yang meliputi administrasi akademik, administrasi keuangan, administrasi umum, administrasi kemahasiswaan, administrasi perencanaan dan sistim informasi.
19.Pendidikan Akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pengembangannya, yang diselenggarakan olehSekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
20.Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta.
21.Program Studi merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu dalam suatu kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan/atauprofesional yangdiselenggarakan atasdasarsuatu kurikulum serta ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum.
22.Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri dari 16 (enam belas) minggu perkuliahan atau kegiatan terjadwal lainnya, berikut kegiatan iringannya, termasuk 2 (dua) minggu kegiatan penilaian.
23.Satuan Kredit Semester selanjutnya disebut sksadalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 jamperkuliahan atau 2 jampraktikum, atau 4 jamkerjalapangan, yangmasing-masing diiringi olehsekitar 1 - 2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1 - 2 jamkegiatan mandiri.
24.Sistem Kredit Semester adalahsuatu sistempenyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kreditsemester (SKS) untukmenyatakan beban studimahasiswa, beban kerjadosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.
25.Tatap Muka adalah kegiatan akademik atau pembelajaran dimana dosen/tutor/pengajar berada satu ruang yang tidak terpisah dengan mahasiswa.
26. Praktikum adalah kegiatan pembelajaran yang bertujuan agar mahasiswa mendapat kesempatan untuk menguji dan mengaplikasikan teori atau penyelidikan dan pembuktian ilmiah matakuliah atau bagian matakuliah tertentu.
27. Praktek adalah kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan dalam bentuk praktek keprofesian sesuai kompetensi profesional.
 
   
2015 - 2017 Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta